Cara Memasang Talang Air Rumah Agar Tidak Bocor

Cara Memasang Talang Air Yang Benar Agar Tidak BocorKenyamanan pada sebuah rumah merupakan dambaan setiap penghuni rumah, agar terhindar dari teriknya matahari serta derasnya hujan. Salah satu elemen penting untuk memberikan kenyaman tersebut adalah dalam pemasangan talang air rumah yang benar, hal ini dilakukan agar tidak terjadi bocor saat hujan tiba. Setiap rumah diharuskan memiliki talang rumah, karena talang merupakan tempat mengalirnya air saat hujan deras tiba. Akan tetapi jika talang air tersebut dipasang tidak tepat, maka yang terjadi adalah kebocoran pada saat hujan tiba. Dan jika anda kreatif tentunya bisa lakukan membuat talang air dari seng, dan untuk cara membuat talang air bisa anda lihat di youtube atau google.

Namun kami akan fokus ke pemasangan talang air rumah yang benar, dalam pemasangannya tak jarang orang dapat melakukan sendiri pemasangan talang air yang tepat. Kebanyakan orang –orang meminta pertolongan dari tukang yang ahli dalam bidangnya. Namun bila anda ingin mencoba melakukannya sendiri, silahkan anda simak tata cara memasang talang air yang benar berikut ini, mari kita simak dengan saksama.

Cara Membuat Talang Air Rumah

cara pasang talang air rumah agar tidak bocor

cara pasang talang air rumah agar tidak bocor

cara memasang talang air agar tidak bocor

cara memasang talang air agar tidak bocor

cara membuat talang air dari seng

cara membuat talang air dari seng

Cara Memasang Talang Air Rumah Yang Benar :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah siapkan talang airnya.
  2. Kemudian silahkan anda cek lisplang serta plafon yang ada pada bagian luar, anda cek apakah rusak atau tidak. Bila ada masalah sebaiknya anda ganti dengan yang baru.
  3. Selanjutny yang harus anda lakukan adalah membuat rancangan serta tata letak talang dengan menggunakan kapur agar lebih mudah dalam penentuannya.
  4. Tak lupa juga anda tentukan titik ujung ataupun lokasi pipa vertikalnya, hal ini dilakukan supaya mempermudah untuk proses penataan serta pemasangan pada talang airnya.
  5. Setelah itu anda tinggal menentukan titik ujung dari instalasi talang dengan menggunakan kemiringa sampai ke bawah.
  6. Dalam penentuan kemiringan tersebut dapat mempermudah anda untuk menentukan pemasangan talang yang akan anda mulai dari mana.
  7. Berikutnya silahkan anda buat terlebih dahulu titik tertinggi dan juga titik terendahnua dengan menggunakan kapur.
  8. Bila semuanya telah siap, anda tinggal ukur talang air yang ingin anda pasang berapa meter.
  9. Lalu silahkan anda potong talang air sesuai dengan ukuran yang tadi sudah ditentukan, dalam proses pemotongan sebaiknya anda harus sesuai dengan ukuran hal ini untuk menghindari adanya kekecilan ataupun kebesaran.
  10. Selanjutnya silahkan anda pasang penggantung talangnya dalam setiap usuk yang ada.
  11. Kemudian tandai lokasi untuk bukaan pada talang, hal ini berguna untuk dapat menyambung ke pipa vertikalnya.
  12. Silahkan anda juga pasang penyambung pipa vertikal serta tutup talang dengan memakai sealant silikon dan juga sekrup logam dengan ukuran pendek.
  13. Berikutnya silahkan anda pasang talang lalu lapisi talang dengan memakai potongan alumunium tipis pada bagian bawah setiap sudut talang. Dan silahkan anda keling potongan alumunium tersebut pada tempatnya masing- masing.
  14. Selanjutnya anda pasang pipa vertikal dalam talang dengan menggunakan pipa penyambung ( shock pipa ).
  15. Kemudian anda rekatkan kelim sambungan talang dengan sealant dan biarkan sampai kering kurang lebih selama semalaman.
  16. Dan selesai.

Baca juga : Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor Dengan Mudah

Bagaimana mudah bukan Cara Memasang Talang Air namun jika anda masih belum paham dan masih belum dapat membuatnya sendiri jangan memaksakan, lebih baik anda meminta bantuan dari tukan yang ahli dibidangnya saja.

Incoming search terms:

Cara Memasang Talang Air Rumah Agar Tidak Bocor | Dedi Supriadi | 4.5